Umat Tri Dharma Khidmat Sembahyang Cin Sia  

Posted by WELCOME TO INFO MALANG

MALANG - Tahun baru Imlek 2560 dirayakan kemarin. Ratusan umat Tri Dharma (Konghucu, Buddha, dan Tao) melakukan sembahyang Cin Sia di Tempat Ibadat Tri Dharma (TITD) Eng An Kiong. Mereka mengungkapkan rasa syukur dan kebahagiaan.

Dengan khidmat, umat Tri Dharma bersimpuh di hadapan altar dan memanjatkan serangkaian doa dan puji-pujian sembari memegang hio yang menyala. Doa-doa tersebut juga dipersembahkan di hadapan dewa utama Fu Tek Cen Sen serta di hadapan Dewi Kwan Im. Ritual itu membuat seluruh ruangan tempat ibadat dipenuhi asap dan aroma dupa. Begitu juga nyala lilin merah. "Sembahyangan ini adalah puncak menyambut datangnya tahun baru Imlek setelah menjalani ritual penyambutan sejak dua pekan lalu," ucap Bunsu Anton Triono, ketua bidang keagamaan Eng An Kiong.

Anton menjelaskan, angka 2560 Imlek tersebut merupakan hasil penjumlahan tahun kelahiran Nabi Khongcu, yakni tahun 551 dengan tahun Masehi 2009. Jika dijabarkan, sebenarnya kalender Imlek atau Im-Lik tersebut berdasarkan sistem luni-solar. Sebuah perhitungan dengan dasar gabungan sistem lunar (Im-Lik) dan solar (Yang-Lik). Sistem lunar adalah sistem yang didasarkan pada perhitungan bulan mengelilingi bumi. Sedangkan sistem solar berlandaskan peredaran bumi mengelilingi matahari. "Sistem luni-solar sendiri merupakan gabungan keduanya. Jadi, sebenarnya, yang benar adalah Im Yang-Lik, bukan Im-Lik. Hanya saja, selama ini lebih terkenal dengan Im-Lik," terang Anton.

Menurut dia, tahun ini seluruh warga Tri Dharma dihadapkan pada tahun Kerbau Tanah. Yakni gabungan antara shio kerbau dan elemen tanah. Berdasarkan falsafah yang dianut, shio kerbau dengan elemen tanah sangat identik. Kerbau binatang yang selalu bersinggungan dengan tanah. Jika digabungkan, tahun Kerbau Tanah mencerminkan sebuah kondisi untuk bekerja keras, tekun, dan sabar. Sehingga, siapa pun yang memiliki sifat kerbau tanah akan mendulang keberhasilan. "Tapi jangan sekali-kali dicocok hidungnya. Ini akan bahaya," ujar Anton.

Dikaitkan dengan tahun 2009 dan agenda pemilihan legislatif maupun presiden, pada tahun Kerbau Tanah, seseorang jangan sampai terkecoh kondisi. "Etos kerja yang baik dan kerja keras serta sabar tetap menjadi kunci untuk menatap tahun 2010 dengan lebih baik," ucap Anton.

Kemeriahan menyambut datangnya Imlek juga tersaji di beberapa tempat di Kota Malang. Atraksi barongsai tampak menghibur pengunjung Malang Town Square dan Plaza Araya Dengan atraksi jenaka, barongsai tersebut menyapa dan melambai-lambaikan tangan sebagai salam khas kepada pengunjung. 

This entry was posted on Senin, 26 Januari 2009 at 23.33 . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar

  © Blogger template 'Blissful View' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP